KARAKTERISTIK PERUBAHAN HASIL BELAJAR

Karakteristik perubahan perilaku hasil belajar meliputi sebagai berikut :

1. Perubahan Intensional

o Siswa menyadari akan adanya perubahan yang dialami atau sekurang–kurangnya merasakan adanya perubahan dalam dirinya.

o Siswa diarahkan pada tercapainya perubahan tersebut.

o Beberapa kecakapan tertentu yang diperoleh dari pengalaman dan praktek sehari – hari, belum tentu dipelajari dengan sengaja.

2. Perubahan Positif dan Aktif

o Perubahan positif artinya diperolehnya sesuatu yang baru yang lebih baik daripada apa yang telah ada sebelumnya.

o Perubahan aktif artinya tidak terjadi dengan sendirinya tetapi karena usaha siswa sendiri.

3. Perubahan Efektif dan Fungsional

o Perubahan efektif artinya perubahan ini membawa pengaruh, makna, dan manfaat tertentu bagi siswa.

o Perubahan fungsional artinya perubahan ini dapat direproduksi dan dimanfaatkan oleh siswa.

o Perubahan ini bersifat dinamis dan mendorong timbulnya perubahan – perubahan positif lainnya.