PROSES BELAJAR

Belajar adalah suatu proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap situasi.

  • Menurut Cronbach, unsur – unsur belajar antara lain sebagai berikut :

o Tujuan

o Kesiapan

o Situasi

o Interpretasi

o Respons

o Konsekuensi

o Reaksi terhadap kegagalan

  • Menurut Gagne, Tipe – tipe belajar adalah sebagai berikut :

o Belajar tanda – tanda

o Belajar perangsang jawaban

o Rantai perbuatan

o Hubungan verbal

o Belajar membadakan

o Belajar konsep

o Belajar aturan – aturan

o Belajar pemecahan masalah

  • Prinsip – prinsip belajar

o Belajar merupakan bagian dari perkembangan

o Belajar berlangsung seumur hidup

o Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh faktor – faktor

o Belajar mencakup semua aspek kehidupan

o Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat dan waktu

o Belajar berlangsung dengan guru ataupun tanpa guru

o Belajar berencana ddan disengaja menuntut motivasi yang tinggi

o Perbuatan belajar bervariasi dari yang paling sederhana sampai yang sangat kompleks

o Dalam belajar dapat terjadi hambatan – hambatan

o Untuk kegiatan belajar tertentu diperlukan adanya bimbingan dari orang lain

  • Fase – fase belajar

Menurut Bruner, fase dalam belajar antara lain :

  • Fase informasi ( tahap penerimaan materi )
  • Fase transformasi ( tahap pengubahan materi )
  • Fase evaluasi ( tahap penilaian materi )

Menurut Wittig, fase belajar adalah sebagai berikut :

  • Acquisition ( tahap penerimaan informasi )
  • Storage ( tahap penyimpanan informasi )
  • Retrieval ( tahap mendapatkan kembali informasi )

Menurut Bandura, fase belajar antara lain :

  • Attentional phase ( tahap perhatian )
  • Retention phase ( tahap penyimpanan dalam ingatan )
  • Reproduction phase ( tahap reproduksi )
  • Motivation phase ( tahap motivasi )