PENILAIAN HASIL BELAJAR

Penilaian adalah program untuk memberikan pendapat dan penentuan arti atau faedah suatu pengalaman. Pengalaman tersebut merupakan oerubahan perilaku karena hasil belajar.

Fungsi penilaian

  1. Membantu siswa merealisasikan dirinya untuk mengubah atau mengembangkan perilakunya
  2. Membantu siswa mendapat kepuasaan atas apa yang telah dikerjakannya
  3. membantu guru untuk untuk menetapkan apakah metode mengajar yang digunakan telah memadai
  4. membantu guru membuat pertimbangan administrasi

Tujuan penilaian hasil belajar

˜ memberikan informasi tentang kemajuan siswa

˜ memberikan informasi yang dapat digunakan utuk membina kegiatan-kegiatan belajar lebih lanjut

˜ memberikan informasi untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, menetapkan kesulitan belajar dan untuk melaksanakan remedial

˜ mendorong motivasi belajar siswa dengan cara mengenal kemajuannya sendiri

˜ memberikan bimbingan yang tepat untuk memilih jurusan atau sekolah yang sesuai dengan keadaan siswa

Asas penilaian hasil belajar

˜ penilaian bersifat keantitas atau kualitas

˜ penilaian dilaksanakan secara berkesinambungan

˜ penilaian bersifat keseluruhan

˜ penilaian bersifat objektif

˜ penilaian bersifat kooperatif

Penilaian hasil layanan bimbingan belajar

1. penilaian ditujukan pada pengentasan masalah siswa dan perkembangan aspek-aspek kepribadian siswa

2. dengan penilaian dapat mengetahui apakah layanana yang diberikan efektif dan memberikan dampak positif terhadap siswa

3. penilaian dapat diakukan melalui format individual, kelompok, klasikal dengan media lisan atau tulisan

Tahap-tahap penilaian hasil belajar

˜ penilaian segera

˜ penilaian jangka pendek

˜ penilaian jangka panjang

Penilaian proses kegiatan

1. penilaian dilakukan terhadap proses kegiatan dan pengelolaannya

2. hasil penilaian proses digunakan untuk meningkatkan kualitas