Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, maka kita perlu membagi waktu secara tepat, agar waktu yang kita miliki tidak terbuang percuma. Maka tepatlah kata pepatah bahwa waktu adalah uang. Ini dimaksudkan agar kita dapat menghargai waktu yang ada. Kita selalu dihadapkan pada hal-hal yang membutuhkan kedisiplinan. Dan waktu adalah salah satu faktornya.
Ada beberapa kiat agar kita dapat membagi waktu yang ada, beberapa diantaranya adalah:
1. Sedini mungkin belajar disiplin menepati janji
“Janji adalah hutang” itu pula salah satu pepatah kuno yang menggambarkan betapa pentingnya kita menepati janji. Jadi usahakan harus menepati janji yang telah dibuat dengan orang lain. Hargailah waktu yang diberikan oleh orang, karena orang tersebut juga telah menyempatkan waktunya yang juga berharga untuk menepati janji tersebut
2. Jangan menunda-nunda pekerjaan
Pekerjaan yang ada harus segera kita selesaikan tanpa menundanya. karena bila kita menundanya bisa jadi pekerjaan akan semakin banyak dan kita akan kesulitan sendiri untuk menyelesaikannya. Menunda pekerjaan adalah salah satu cirri orang yang tidak dapat membagi waktunya.
3. Membuat jadwal harian pada hidupmu
Buatlah jadwal yang akan mengatur kehidupanmu seperti memiliki manajer pribadi dan yang menentukan apa yang akan dilakukan adalah jadwal yang telah anda buat sendiri. kalau memungkinkan buat pula rencana masa depan baik yang berjangka panjang maupun pendek.
4. Hindari kegiatan yang membuang waktu
Misalnya ngerumpi atau bergosip adalah salah satu contoh kegiatan yang dapat membuang waktu sia-sia. Kalau kita bisa mengerjakan hal yang lebih barmanfaat alangkah baiknya kita mengerjakannya. Namun kadang kala kita memang membutuhkan sedikit waktu untuk refresing. Dan kita dapat menggunakan waktu luang kita untuk sejenak melepaskan kepenatan yang ada setelah sekian lama kita berkutat dalam berbagai kegiatan, misalnya kita dapat gunakan waktu tersebut untuk tidur atau berlibur, atau mengerjakan hobi yang kita sukai.
5. Buatlah skala prioritas
Membuat skala prioritas mungkin dapat membantu kita dalam membagi waktu yang kita miliki. Kita dapat memilih mana hal penting yang akan kita kerjakan terlebih dahulu, atau mana hal yang perlu dan tidak perlu kita lakukan. Dengan membuat skala prioritas maka kita hanya akan menggunakan waktu kita untuk hal yang berarti dalam hidup kita.
Jadi pergunakanlah waktu sebaik dan seefisien mungkin agar kita dapat merasakan apa yang kita kerjakan selama ini adalah tidak sia-sia belaka.